-->
Kilas Balik Peristiwa Kota Medan Selama 2008

Kilas Balik Peristiwa Kota Medan Selama 2008

Kilas Balik Peristiwa Kota Medan Selama 2008

Tahun 2008, sebentar lagi kita lewati dan kita akan memasuki tahun 2009.
Banyak peristiwa terjadi tahun ini, dari ditangkapnya Walikota Medan Drs Abdillah AK, MBA dan Wakilnya Dr Ramli MM oleh KPK hingga persoalan-persoalan yang membuat masyarakat resah, seperti banjir yang melanda Kota Medan karena buruknya sistem drainase hingga kebakaran yang menyebabkan ratusan orang mengungsi dan tidur di bawah tenda.

Pada tahun ini juga Kota Medan dan Sumatera Utara mendapat pimpinan baru, seperti dilantiknya Gubsu H Syamsul Arifin SE dan wakilnya, Ir Gatot Pudjo Nugroho, Pj Walikota Medan Drs H Afifuddin Lubis MSi dan serahterima Kapoldasu dan Kapoltabes. Berikut ini rangkaian peristiwa penting yang yang terjadi tahun ini.

Januari 2. Walikota Medan Drs Abdillah Ak MBA secara resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
4. Giliran Wakil Walikota Medan Drs Ramli, MM dijemput KPK. Peristiwa ini sempat menggegerkan warga Kota Medan dan menjadi pro kontra di masyarakat.
5. Di tengah kekosongan pimpinan di Pemko Medan karena Walikota dan wakilnya ditahan KPK. Kantor Walikota Medan di Jalan Kapten Maulana Lubis Medan terbakar hingga meluluhlantakkan ruangan bagian umum/protokol di lantai dasar dan mengakibatkan kaca dinding pecah berserakan dan merusak ruangan lain.

Februari
2. Pascakebakaran, Terminal Domestik Bandara Polonia Medan kembali dioperasionalkan. Digunakannya kembali terminal domestik ini kembali melancarkan pergerakan penumpang di Bandara Polonia Medan yang sempat terkendala.
9. Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault, dan Ketua MPR Hidayat Nur Wahid secara terpisah berkunjung ke Harian Analisa. Keduanya diterima Pemimpin Umum Harian Analisa Supandi Kusuma.
15. Transmisi 150 KV Sirkit I Paya Pasir - Belawan Terputus, Sumut - NAD Sempat Padam Total (black out).
16. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, menetapkan lima calon Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) memenuhi persyaratan pencalonan. Kelima calon gubernur itu masing-masing, pasangan HM Ali Umri SH MKn/DR H Maratua Simanjuntak didukung Partai Golkar. Ir RE Siahaan/H Suherdi didukung Partai Damai Sejahtera, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Perhimpunan Indonesia Baru, Partai Persatuan Daerah, Partai Nasional Indonesia Marhaenisme, Partai Buruh Sosial Demokrat, Partai Pelopor, dan Partai Nasional Banteng Kemerdekaan.
H Syamsul Arifin/Ir Gatot Pujo Nugroho didukung Partai Persatuan Pembangunan, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Bulan Bintang, Patriot Pancasila, Karya Peduli Bangsa, Keadilan dan Persatuan Indonesia, Persatuan Demokrasi Kebangsaan, Serikat Indonesia, Partai Merdeka, Penegak Demokrasi Indonesia, dan Partai Nahdlatul Ummah Indonesia. Pasangan H Abdul Wahab Dalimunthe/HM Syafii SH M Hum didukung Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, dan Partai Bintang Reformasi. Selanjutnya pasangan Tritamtomo SH/DR Ir Sahala Benny Pasaribu M Ec didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.
20. KPU Tetapkan nomor urut pasangan calon Gubsu, yakni HM Ali Umri-H Maratua Simanjuntak nomor 1, Tritamtomo- Benny Pasaribu nomor 2, RE Siahaan-H Suherdi nomor 3, Abdul Wahab Dalimunthe-H Raden Syafi’i nomor 4, dan pasangan H Syamsul Arifin- Gatot Pudjo Nugroho nomor 5.

Maret
28. Seluruh calon Gubsu menandatangani kesepakatan pilkada damai di lapangan Merdeka Medan.

April
16. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumut digelar dengan jumlah pemilih 8,4 juta jiwa.
24. KPU Sumut menatapkan pasangan Syamsul Arifin-Gatot Pujo Nugroho sebagai pemenang pilkada Sumut dengan memperoleh 1.396.892 suara atau 28,31 persen. Pasangan Tritamtomo-Benny Pasaribu 1.070.303 suara atau 21,69 persen, Abdul Wahab Dalimunthe-Muhammad Syafii 858.528 suara atau 17,40 persen, RE Siahaan-H Suherdi 818.171 suara atau 16,58 persen dan pasangan Ali Umri-Maratua Simanjuntak 789.793 suara atau 16 persen.

Mei
13. Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan menahan Kepala Disdik Sumut, Taroni Hia dan dua pegawainya yakni Manahan Pandiangan, Drs Syahrir Umar dan seorang rekanan Rahman Jhoni dalam kasus korupsi dana proyek pelaksanaan Ujian Nasional 2006-2007 dengan kerugian negara sekira Rp1,5 M dari total APBN senilai Rp7,5 M.

Juni
1. Pihak Administrator Bandara Polonia Medan menutup bandara selama 7 jam mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Penutupan ini akibat terjadinya pecah ban pesawat Batavia Airline nomor penerbangan 7P-591 tujuan Jakarta-Medan pada pukul 10.00 WIB. Penghentikan aktifitas ini karena posisi pesawat yang mendarat di Run Way 05 menghambat aktifitas penerbangan.
16. Mendagri Mardiyanto atas nama Presiden Republik Indonesia, di Gedung DPRD Sumut melantik Syamsul Arifin SE dan Gatot Pudjo Nugroho sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2008-2013.









Juli
17. Presiden RI Susilo Bambang Yudhyono (SBY) beserta rombongan mengadakan kunjungan kerja ke Sumatera Utara selama tiga hari. Selama di Sumut, presiden mengadakan pertemuan silaturahmi dengan para bupati/walikota se Sumut, tokoh agama, pemuka masyarakat, salah satunya dengan Pemimpin Umum Harian Analisa, Supandi Kusuma. Presiden selanjutnya berkunjung ke Parapat dan mengadakan panen raya.

agustus
6. RS Adam Malik Medan menerima pasien suspect Flu Burung rujukan dari RSU Air Batu Asahan.
7. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Kadinkes Provsu) Dr. Candra Syafei, Sp. OG didampingi Humas Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan (RSUP HAMM) Sinar Ginting, SE menyatakan Kasus suspect flu burung yang terjadi di Afdeling V Desa Air Batu Pondok Damuli Kecamatan Air Batu Asahan.
11. Gubsu H Syamsul Arifin SE meresmikan pemakaian gedung Tempat Penerimaan Pasien (TPP) Rumah Sakit dr Pirngadi Medan yang baru direnovasi, sekaligus peletakan batu pertama pembangunan gedung berlantai empat untuk pasien miskin serta menandatangani monumen dr Pirngadi pada perayaan puncak HUT ke 80 RSU dr Pirngadi Medan.
20. Gubsu H Syamsul Arifin SE atas nama pemerintah melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri mengambil sumpah dan melantik Drs H Afifuddin Lubis MSi sebagai penjabat Walikota (Pj) Medan.

september
1. Hari pertama berlakunya pemakaian Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) pengganti program Askeskin di rumah sakit provider di antaranya RS Pirngadi Medan.Tidak ada gejolak walau belum sinkronnya database warga yang mendapat kartu Jamkesmas. Dengan pemberlakuan Jamkesmas, maka tidak berlaku lagi surat keterangan tanda miskin (SKTM) atau Askeskin yang sebelumnya bisa dipakai pasien berobat ke RS Pirngadi.


2.Kapoltabes MS diserahterimakan dari Kombes Pol Bambang Sukamto, SH MH dengan AKBP Drs Aton Suhartono di Makopoltabes MS.












4. Ratusan rumah penduduk yang berada di Lingkungan VII Kelurahan Petisah Hulu Kecamatan Medan Baru ludes dilalap si jago merah, sekira pukul 14.30 WIB. Empat orang cidera dan empat lagi mengalami shock karena panik ketika api berkobar hebat.

13. Tiang tower 105 yang roboh akibat besi siku diagonal dicuri orang orang tak bertanggung jawab di Desa Panatapan Berastagi, dini hari, Akibat robohnya tiang tower transmisi SUTT 150 KV tersebut listrik sempat padam dijalur GI Titi Kuning -Berastagi hingga Sibolga.
16. Ratusan warga yang membawa kartu BLT antre di depan pintu masuk Kantor Pos Medan, untuk menerima dana BLT sebesar Rp 300.000.
15. Ratusan massa tergabung pada Keluarga Besar Supir dan Pemilik (Kesper) Sumut yang berunjukrasa di depan Kantor Walikota Medan dan berakhir ricuh.Massa marah karena tidak bisa bertemu dengan Pj Walikota Medan untuk menyampaikan aspirasi mereka.
22. KPU Pusat menetapkan lima anggota KPU Sumut, masing-masing, Irham Buana Nasution SH MHum, Turunan B Gulo SP, DR Surya Perdana SH MHum, Sirajuddin ST, dan Nurlela Djohan S Sos.
29. Jabatan Kapoldasu dari Irjen Pol Nurudin Usman, dengan Irjen Pol Drs. Nanan Soekarna, diserahterimahkan di Mapoldasu.

oktober
4. Penerbangan di Polonia Tertunda karena kabel dicuri. Pencurian kabel lampu landasan Bandara Polonia yang menyebabkan beberapa pesawat batal terbang dan mendarat.
6. Rumah Sakit Umum Adam Malik Medan menerima dua pasien Suspect Flu Burung M Sani Mufli dan Fadilah Hanum warga Kecamatan Air Batu, Asahan.
9. Sebanyak tiga pencuri kabel yang menyebabkan kerusakan lampu landasan pacu di sekitar taxi way ke apron bandara Polonia ditangkap petugas Poltabes Medan. Selanjutnya, ketiga tersangka diboyong petugas untuk menjelaskan kronologis pencurian tersebut di lokasi kejadian.
10. Terjadi penemuan purbakala berhasil di sisi parit luar Benteng Puteri Hijau sisi komplek Perumahan Taman Putri Deli II Dusun I Desa Deli Tua Kecamatan Namorambe. Dari penggalian di tiga lokasi benteng bersejarah ditemukan kapak batu yang berasal dari zaman mesolitik.


10. Kota Medan mengalami banjir besar hingga menyebabkan kemacetan total. Buruknya drainase menyebabkan lapangan Merdeka Medan hingga ke Jalan Balaikota banjir seperti lautan.

22.Warga Jalan Cucakrawa II Perumnas Mandala Medan dihebohkan dengan adanya seorang pria yang ‘dibuang’ begitu saja oleh sejumlah petugas mobil ambulans Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan di emperan rumah.
28. Sebanyak 23 KPU kabupaten/kota di Sumut ditetapkan dan dilantik oleh Ketua KPU Sumut. Ke 23 personil KPU yang ditetapkan itu adalah, Medan, Binjai, Serdang Bedagai, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Batubara, Tanjung Balai, Pematang Siantar, Simalungun, Labuhan Batu, Tebing Tinggi, Nias Selatan, Humbang Hasundutan, Padang Sidimpuan, Mandailing Natal, Asahan, Samosir, Toba Samosir, Tapanuli Tengah, Karo, Pakpak Bharat, Sibolga, dan Nias.

november
5. Ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Merdeka Indonesia turun ke jalan melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Gubsu. Mereka menolak peraturan 4 menteri karena dinilai sangat merugikan kaum buruh.
10. Diberlakukan Program JPKMS dari Pemko Medan melalui Dinas Kesehatan Kota Medan. Pemberlakukan ini sejak 10 November 2008-10 Februari 2009, untuk melayani warga Medan yang tidak mendapat Jamkesmas, atau asuransi lainnya, namun termasuk golongan yang berpenghasilan rendah.
11. Perusahaan Listrik Negara (PLN) menemukan 357 kasus pencurian listrik di wilayah Cabang Medan dan Lubuk Pakam. Akibat tindakan tersebut kerugian mencapai Rp 3,7 miliar. General Manager PLN Wilayah Sumut, Manerep Pasaribu kepada pers, menjelaskan sejak 11 November menggelar kembali Operasi P2TL bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menertibkan pengguna listrik ilegal.
12. Drs H T Dzulmi Eldin MSi dilantik menjadi Sekda Kota Medan defenitif oleh Pj Walikota Medan Drs Afifuddin Lubis MSi di Aula Kantor Pemko Medan.
17. terungkap keterlibatan anggota DPRD Medan melindungi bangunan bermasalah atau menyalahi izin bukan hanya cerita fiktif. Buktinya, Kepala Dinas Tata Kota dan Tata Bangunan (TKTB) Kota Medan membuat peta khusus ‘kapling’ bangunan yang dikuasai anggota dewan.
20. Sekira 250-an rumah semi permanen dan papan di Jalan Mangkubumi, Lingkungan IX, Kelurahan Aur, Medan Maimoon, sekira pukul 12.30 WIB musnah terbakar.
25. terungkap ribuan naskah budaya batak kini banyakdisimpan di luar negeri seperti Belanda dan Jerman. Hal ini disampaikan ahli Sastra Batak dari Belanda, Dr Uli Kozok ketika bertemu dengan Kepala Baperasda Sumut, Drs Syaiful Syafri MM di Ruang Gigital Baperasda Sumut.

desember

2. Gubsu H Syamsul Arifin SE melakukan penandatangan nota kesepahaman bersama Pemilu Damai antara Kejatisu dengan Kapoldasu dan KEtua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di kantor Gubsu Jalan Diponegoro.
15. Aset Tapak Kantor Gubernur Sumatera Utara No 30 di Jalan Diponegoro diserahterimakan dari PTPN II kepada Pemprovsu seharga Rp1000.
18.Sebanyak 28 Kepala Daerah se Sumut menandatangani Pakta Integritas tidak melakukan korupsi. Dilanjutkan melakukan penandatangan nota kerjasama dengan USU dalam pengadaan, pengiriman, penggandaan dan pemeriksaan hasil CPNS tahun 2008.
22. Kereta Api Ekonomi Putri Deli tujuan Tanjung Balai-Medan anjlok sekira 250 meter sebelum tiba di Stasiun Besar Medan. Dalam kecelakaan ini seorang penumpang cidera cukup serius dan mendapat perawatan di RS Mandiri milik PT Kereta Api (Persero).


0 Response to "Kilas Balik Peristiwa Kota Medan Selama 2008"

Post a Comment

Sebelumnya Jika sudah membaca Artikel ini, Mohon tinggal kan Jejak Anda, karena Partisipasi Anda Sangat berarti Buat Kemajuan Blog ini.
Sopan, baik dan mengarah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel